Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Brush Painting di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Ria Ulfa, 150210004 (2020) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Brush Painting di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Brush Painting di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Brush Painting di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.)
Ria Ulfa, 150210004, FTK, PIAUD, 082304429275.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Brush painting merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini, karena kegiatan ini melibatkan jari tangan dan koordinasi mata. Hasil observasi awal di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh ditemukan kemampuan motorik halus anak masih kurang optimal dikarenakan masih kesulitan saat memegang krayon dan masih mewarnai di luar garis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan brush painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang melibatkan anak kelompok A1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-eksperimental. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan statistik Uji-t, maka kegiatan brush painting dapat meningkatkan motorik halus anak sebagaimana yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 16.66 > 1.761 sehingga hipotesis alternatif Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan brush painting dapat meningkatkan motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Brush Painting.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ria Ulfa
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:24
Last Modified: 10 Sep 2020 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item
View Item