Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Siswa SMP

Rizky Amini Saragih, 160205027 (2020) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Siswa SMP]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Siswa SMP)
Rizky Amini Saragih, 160205027, FTK, PMA, 081397458690.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis masalah pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Subjek dalam penelitian adalah kelas IX SMPN 1 Montasik yang terdiri dari enam siswa yaitu dua siswa dengan kemampuan penalaran matematis dalam kategori tinggi, dua siswa dengan kategori sedang, dan dua siswa dengan kategori rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar tes kemampuan penalaran matematis yaitu LTKPMS-1 dan LTKPMS-2, pedoman wawancara serta alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis dengan kategori tinggi dapat menuliskan semua informasi dari soal serta mampu memperkirakan proses penyelesaian soal, subjek mampu menggunakan pola yang dikatahui, subjek dapat menyatakan suatu pendapat sehingga menyelesaikan soal, selanjutnya subjek juga mampu menarik kesimpulan yang disertai alasan yang logis. (2) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis dengan kategori sedang dapat menuliskan semua informasi dari soal serta mampu memperkirakan proses penyelesaian, subjek dapat menggunakan pola yang diketahui, namun subjek tidak mampu menyususun suatu pendapat untuk menganalisa situasi matematis, hal ini menyebabkan subjek tidak dapat menarik kesimpulan yang logis (3) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis dengan kategori rendah tidak mampu menuliskan semua infomasi dari soal, hal ini menjadi penyebab subjek tidak mampu menggunakan pola yang diketahui, subjek tidak mampu menyusun pendapat yang dari soal sehingga subjek tidak dapat menarik kesimpulan dengan alasan yang logis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nuralam, M.Pd Pembimbing II : Zikra Hayati, S.Pd.I., M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizky Amini Saragih
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:32
Last Modified: 10 Sep 2020 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13895

Actions (login required)

View Item
View Item