Revolusi Mental TK Khalifah Aceh 2 Lampriet Banda Aceh dalam Pengembangan Karakter Anak

Nurlia, 160403051 (2020) Revolusi Mental TK Khalifah Aceh 2 Lampriet Banda Aceh dalam Pengembangan Karakter Anak. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Revolusi Mental TK Khalifah Aceh 2 Lampriet Banda Aceh dalam Pengembangan Karakter Anak]
Preview
Text (Revolusi Mental TK Khalifah Aceh 2 Lampriet Banda Aceh dalam Pengembangan Karakter Anak)
Nurlia, 160403051, FDK, MD, 082274629746.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Revolusi Mental TK Khalifah Aceh 2 Lampriet Banda Aceh dalam Pengembangan Karakter Anak”, Revolusi mental adalah transformasi etos, yaitu perubahan mendasar dalam mentalitas, cara berfikir, cara merasa, dan cara mempercayai, yang semuanya menjelma dalam perilaku dan tindakan sehari-hari. Pada selanjutnya akan menjadikan mentalitas bangsa lambat laun akan berubah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui konsep revolusi mental TK Khalifah Aceh 2, dan untuk mengetahui penerapan revolusi mental TK Khalifah Aceh 2, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat TK Khalifah Aceh 2 dalam mengembangkan karakter anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah manager sekolah dan guru.Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai revolusi mental dilakukan di TK Khalifah Aceh 2 melalui nilai-nilai yang ditanamkan yakni nilai taqwa, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, kerjasama, berani/percaya diri dan menghargai satu sama lain. Faktor pendukung proses penerapan nilai revolusi mental dalam pembelajaran yakni letak geografis TK, team work yang baik antar guru, dan peran serta orang tua. Adapun faktor penghambat yaitu karakter anak yang berbeda-beda, kegiatan diluar rencana, dan media pembelajaran yang minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Revolusi Mental, Pengembangan Karakter Anak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Nurlia Nur
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:06
Last Modified: 24 Sep 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item
View Item