Sintesis Selulosa Asetat Dari Agar Rumput Laut Merah Gracilaria vermiculophylla.

Agusintia Yulandri, 150704015 (2020) Sintesis Selulosa Asetat Dari Agar Rumput Laut Merah Gracilaria vermiculophylla. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Sintesis Selulosa Asetat Dari Agar Rumput Laut Merah Gracilaria vermiculophylla.]
Preview
Text (Sintesis Selulosa Asetat Dari Agar Rumput Laut Merah Gracilaria vermiculophylla.)
Agusintia Yulandri, 150704015, FST, KIM, 081265968291.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang sangat melimpah. Salah satu jenis rumput laut adalah Gracilaria vermiculophylla yang merupakan jenis rumput laut merah. Rumput laut merah merupakan penghasil agar yang banyak digunakan dalam industri makanan. Pengolahan agar menjadi selulosa asetat belum banyak dilakukan. Oleh karena itu pada penelitian ini melakukan sintesis selulosa asetat dari agar rumput laut merah Gracilaria vermiculophylla dan mengkarakteristiknya dengan menggunakan FT-IR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dimulai dengan preparasi sampel rumput laut, di ekstraksi dengan menggunakan pelarut NaOH 6% menghasilkan agar dari Gracilaria vermiculophylla, isolasi selulosa dengan pelarut NaOH 6%, dan sintesis selulosa asetat dengan mereaksikan selulosa dengan asetat anhidrida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintesis rumput laut merah menghasilkan selulosa asetat dengan rendemen 10% (g/g). Karakteristik selulosa asetat rumput laut Gracilaria vermiculophylla dengan FT-IR Gugus fungsi tersebut menunjukkan adanya senyawa selulosa asetat dengan adanya puncak tajam pada gugus ester C = O strectch dengan bilangan gelombang 1638,60 cm-1, munculnya gugus ester dari gugus asetil C - O dengan bilangan gelombang 1240,28 cm-1 dan
1023,28 dan terjadi penurunan intensitas gugus hidroksil O - H strectch dengan bilangan gelombang 3402,58 cm-1. Kadar asetil yang diperoleh sebesar 44,08% dan derajat substitusi (DS) adalah 2,9. Dapat disimpulkan bahwa selulosa asetat hasil sintesis merupakan selulosa triasetat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Febrina Arfi, M.Si Pembimbing II : Bhayu Gita Bhernama, M.Si
Uncontrolled Keywords: Gracilaria vermiculophylla, Selulosa Asetat, FT-IR
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Agusintia Yulandri Sintia
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:15
Last Modified: 29 Sep 2020 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item
View Item