Supervisi Kepala Sekolah dalam Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan (TU) di SMAN 1 Subulussalam

Nur Halimah, 150206078 (2020) Supervisi Kepala Sekolah dalam Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan (TU) di SMAN 1 Subulussalam. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Supervisi Kepala Sekolah dalam Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan (TU) di SMAN 1 Subulussalam]
Preview
Text (Supervisi Kepala Sekolah dalam Penguatan Kompetensi Tenaga Kependidikan (TU) di SMAN 1 Subulussalam)
Nurhalimah, 150206078, FTK, MPI, 085261022201.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Supervisi Kepala Sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kinerja Sekolah.SMAN I Subulussalam merupakan sekolah yang kinerjanya masih kurang dalam hal kedisiplinan terhadap suatu penguatan kompetensi tenaga kependidikan (TU). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepala sekolah dalam mensupervisi tenaga kependidikan, dan kompetensi profesionalisme tenaga kependidikan. Kemudian penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan staff (TU). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan tiga tahap meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam mengadakan supervisi di SMAN 1 Subulussalam Kepala Sekolah melakukan supervisi pada setiap awal pembelajaran dan pada setiap awal bulannya. Agar lebih efektif lagi dalam melakukan kinerja yang telah ditetapkan. Kepala sekolah sendiri melakukan supervisi dengan cara melihat langsung atau turun kelapangan bagaimana keadaan di lapangan tersebut. supervisi adalah mampu menemukan kegiatan yang sudah sesuai dengan tujuan, kemudian mampu menemukan kegiatan yang belum sesuai dengan tujuan dapat memberikan keterangan tentang apa yang perlu di benahi terlebih dahulu atau yang di prioritaskan setelah itu dapat juga mengetahui kelemahan yang ada pada tenaga kependidikan dan mampu mempertahannkan sesuatu yang sudah baik. (2) Kompetensi profesionalisme tenaga kependidikan merupakan hal yang terpenting dalam lembaga pendidikan, karena tingkat keberhasilan tenaga kependidikan merupakan tujuan dari sebuah lembaga pendidikan. Kompetensi adalah suatu hal yang dikaitkan dengan kemampuan, pengetahuan atau wawasan dan sikap yang di jadikan suatau pedoman dalam melakukan tenggung jawab pekerjaan yang di kerjakan oleh tenaga kependidikan. Oleh karena itu supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sudah berjalan dengan baik. Karena dilakukannya setiap tahun ajaran dan sebulan sekali walaupun terkadang masih ada kekeliruan yang terdapat dalam melakukan program di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ismail Anshari M.A. Pembimbing II : Ainul Mardhiah, S.Ag,.M.A.Pd
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Tenaga Kependidikan (TU)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurhalimah Nurhalimah
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:34
Last Modified: 13 Oct 2020 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14517

Actions (login required)

View Item
View Item