Pengaruh Permainan CD Ajaib terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di PAUD IK Nurul Qur’an

Irhamna, 150210024 (2020) Pengaruh Permainan CD Ajaib terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di PAUD IK Nurul Qur’an. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Permainan CD Ajaib terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di PAUD IK Nurul Qur’an]
Preview
Text (Pengaruh Permainan CD Ajaib terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di PAUD IK Nurul Qur’an)
Irhamna, 150210024, FTK, PIAUD, 082277889910.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pengenalan angka yang digunakan pada kelompok A di PAUD IK Nurul Quran terbilang kurang menarik karena hanya menggunakan media gambar dan buku tulis, dalam pengenalan angka pada anak, media yang menarik sangat diperlukan agar menarik minat anak. Pengenalan angka menggunakan permainan CD ajaib dapat membantu anak pada proses pembelajaran yang menarik dengan menggunakan benda yang ada di sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan CD ajaib terhadap kemampuan pengenalan angka pada anak usia 4-5 tahun di PAUD IK Nurul Quran. Peneliti menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas Al-Quddus (kontrol) dan kelas Ar-Rahim (eksperimen) yang masing-masing terdiri dari 15 orang anak. Pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa lembar observasi penilaian dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa anak yang belajar menggunakan permainan CD ajaib dalam mempengaruhi kemampuan pengenalan angka pada anak tergolong lebih aktif dengan nilai uji t menunjukkan yaitu 8,18 > 1,70, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain permainan CD ajaib dapat mempengaruhi kemampuan pengenalan angka pada anak dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran menulis dan menyebutkan angka pada gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, S.Ag, MA Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Permainan CD Ajaib, Kemampuan pengenalan angka.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Irhamna Irhamna
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:45
Last Modified: 14 Oct 2020 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item
View Item