Turnitin: Pesan Moral dalam Naskah Tazkirah al-Thulab.

Nurchalis, 2015047203 Turnitin: Pesan Moral dalam Naskah Tazkirah al-Thulab. Presented and Published In The 2nd Annual International Symposium on Islam and Humanities: Malay Local Wisdom, hal 464-472..

[thumbnail of Turnitin Artikel Pesan Moral dalam Naskah Tazkirah]
Preview
Text (Turnitin Artikel Pesan Moral dalam Naskah Tazkirah)
Pesan Moral dalam Naskah Tazkirah al-Thullab.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini kita diresahkan dengan menurunnya nilai moral di kalangan masyarakat Indonesia. Sebenarnya, para ulama Nusantara telah menyampaikan pesan-pesan moral di dalam kitabnya. Penelitian ini mengkaji kandungan naskah Tadzkirah al-Thullab yang berisi ide dan adat istiadat serta gagasan spiritual. Penelitian ini memakai pendekatan filologis pada naskah tunggal dengan melakukan suntingan teks dan analisanya terkait pesan moral di dalamnya. Ada 6 poin pembelajaran moral dalam naskah ini, yaitu: penghormatan kepada orangtua dan guru, interaksi dengan orang bodoh, etika bermajlis dalam jamaah, tingkatan manusia di mata tuhan, amalan tasawuf, dan nasehat kepada anak.

Item Type: Other
Subjects: 800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain) > 892 Sastra Afro-Asia > 892.7 Sastra Bahasa-bahasa Arab dan Maltes
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dr. Nurchalis Sofyan
Date Deposited: 15 Oct 2020 08:37
Last Modified: 15 Oct 2020 08:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item
View Item