Analisis Nilai Moral Kerendahan Hati Dalam Buku Cerita Anak

Miranti Ariska, 150210076 (2020) Analisis Nilai Moral Kerendahan Hati Dalam Buku Cerita Anak. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Nilai Moral Kerendahan Hati Dalam Buku Cerita Anak]
Preview
Text (Analisis Nilai Moral Kerendahan Hati Dalam Buku Cerita Anak)
Miranti Ariska, 150210076, FTK, PIAUD, 082168646369..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan moral merupakan pendidikan yang paling penting diterapkan untuk anak usia dini, termasuk nilai moral kerendahan hati yang membuat individu menyadari ketidaksempurnaan diri, berani mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan. Nilai moral kerendahan hati dapat diaplikasikan melalui metode bercerita dengan menggunakan buku cerita anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai moral kerendahan hati, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, serta teknik penyampaian nilai moral kerendahan hati secara langsung dan tidak langsung. Adapun jenis metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku cerita fabel anak yang berjumlah 20 buku dan data penelitian dikumpulkan melalui teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa diperoleh 22, dari 22 data 10 data menunjukkan nilai moral kerendahan hati hubungan manusia dengan dirinya sendiri, 12 data lainnya menunjukkan nilai moral kerendahan hati hubungan manusia dengan manusia lain atau makhluk lain. Adapun teknik penyampaian nilai moral kerendahan hati dari 22 data, 1 data berupa kalimat penyampaian nilai moral kerendahan hati dengan teknik penyampaian secara langsung, dan 21 data lainnya berupa kalimat dengan teknik penyampaian secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Putri Rahmi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral, Kerendahan Hati, Buku Cerita
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Miranti Ariska
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:31
Last Modified: 26 Nov 2020 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14926

Actions (login required)

View Item
View Item