Penggunaan Alat Permainan Edukatif Tangram Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara

Mawatdah, 150210036 (2019) Penggunaan Alat Permainan Edukatif Tangram Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Alat Permainan Edukatif  Tangram Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara]
Preview
Text (Penggunaan Alat Permainan Edukatif Tangram Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara)
Mawatdah, 150210036, FTK, PIAUD, 082363099475.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kreativitas anak belum sepenuhnya berkembang. Hal ini dapat dilihat pada saat proses kegiatan banyak anak yang masih mencontoh dan tidak mau mencoba membuat bentuk lain dari contoh yang telah diberikan oleh gurunya, bahkan saat kegiatan menggambar bebas anak-anak masih harus diberi contoh. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penggunaan alat permainan edukatif tangram untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara (2) Untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui penggunaan alat permainan edukatif tangram untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa Siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 3,47 dengan kriteria Baik. Peningkatan kreativitas anak pada Siklus I melalui penggunaan alat permainan edukatif tangram mencapai 68,07% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Sedangkan pada Siklus II aktivitas guru memperoleh nilai 3,78 dengan kriteria sangat baik karena guru sudah mampu menceritakan dan mengkaitkan antara tema dengan kehidupan sehari-hari anak. Sedangkan pada Siklus II penggunaan alat permainan edukatif tangram anak mengalami peningkatan mencapai 83,03% dengan kriteria berkembang sangat baik karena anak sudah mampu menyusun tangram menjadi sebuah bentuk yang bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, S.Ag., MA Pembimbing II : Putri Rahmi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif Tangram dan Peningkatan Kreativitas.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mawatdah Mawatdah
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:54
Last Modified: 08 Jan 2021 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15319

Actions (login required)

View Item
View Item