Transformational Leadership dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar

Nifa Karimah, 150206092 (2020) Transformational Leadership dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Transformational Leadership dalam Mewujudkan Sekolah    Ramah Anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar]
Preview
Text (Transformational Leadership dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar)
Nifa Karimah, 150206092, FTK, MPI, 085372858541.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Transformational leadership dapat diartikan pemimpin yang kharismatik dan mempunyai peran sentral serta strategi dalam membawa organisasi mencapai tujuannya. Kepemimpin ini juga harus mempunyai kemampuan untuk menyamakan visi masa depan dengan jajaran bawahannya, transformational leadership memegang peranan penting bagi terlaksannya Sekolah Ramah Anak. Tujuan peneliatian skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui eksistensi dan potensi kepemimpinan transformational di MIN 20 Tungkop Aceh Besar, 2) Untuk mengetahui efektifitas kepemimpinan transformational dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar, 3) Untuk mengetahui peluang dan tantangan kepemimpinan transformational dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan kepala komite sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kepala sekolah sudah menerapkan eksistensi dan potensi kepemimpinan transformational di MIN 20 Tungkop Aceh Besar, serta memiliki dan memberi komitmen, visi, motivasi, inspirasi, dan menumbuhkan kreativitas pada seluruh guru, karyawan, dan komite sekolah MIN 20 Tungkop Aceh Besar serta mendukung semangat team dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Kedua, kepala sekolah sudah melakukan efektifitas dalam usaha mengubah kesadaran, membangkitkan semangat guru, karyawan, dan komite sekolah untuk mencapai tujuan ataupun visi dari Sekolah Ramah Anak, serta mengembangkan kreativitas guru, karyawan dan komite sekolah pada tingkat kemampuan potensial yang lebih baik. Ketiga, tantangan yang dihadapi yaitu kebanyakan orang tua siswa merokok didalam perkarangan sekolah saat menjemput anaknya akibat keterbatasan lahan sekolah, maka peluang yang diterapkan dengan cara menempelkan stiker maupun spanduk dilarang merokok, melakukan diskusi dengan pihak Kementerian Agama untuk pemekaran perkarangan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman, M. Ag Pembimbing II : Dra. Cut Nya Dhin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Transformational Leadership, Sekolah Ramah Anak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nifa Karimah
Date Deposited: 05 Feb 2021 02:30
Last Modified: 05 Feb 2021 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15696

Actions (login required)

View Item
View Item