Peningkatan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Finger Painting Pada TK IT MON Kuta Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Novi Arvionita, 140210041 (2019) Peningkatan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Finger Painting Pada TK IT MON Kuta Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Finger Painting Pada TK IT MON Kuta Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Finger Painting Pada TK IT MON Kuta Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)
Novi Arvionita, 140210041, FTK, PIAUD, 081260646838.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran menjadi hal pokok dalam pendidikan, perkembangan kreativitas motorik halus merupakan salah satu aspek perkembangan pada anak usia dini yang harus dikembangkan dengan berbagai kegiatan yang berfariasi salah satunya finger painting adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kreativitas motorik halus anak usia dini melalui kegiatan finger painting di kelas B TK IT Mon Kuta dan bagaimana dengan mengunakan finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini di kelas B TK IT Mon Kuta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi. Adapun upaya guru dalam peningkatan kreativitas motorik halus anak usia dini sudah efektif dan hasil penelitian juga menunjukkan dengan menerapkan 24 indikator dari 26 indikator penilaian aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama 69,21% dan pertemuan kedua 76,91%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama 84,6% dan pertemuan kedua 92,29%. Penelitian juga menunjukkan bahwa kreativitas motorik halus anak usia dini meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan finger painting yang memberikan kebebasan pada anak untuk membuat hasil karya yang sesuai ide anak sendiri dan memilih warna sesuai dengan keinginan anak kemampuan anak dalam kegiatan finger painting pada siklus I 76,91% dan mencapai kriteria keberhasilan pada siklus II sebesar 92,29%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Aisyah Idris, M.Ag. Pembimbing II : Dewi Fitriani, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus Finger Pianting Anak Usia Dini.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Novi Arvionita
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:17
Last Modified: 09 Feb 2021 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15729

Actions (login required)

View Item
View Item