Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Picture and Picture dan Media Puzzle Kelas IV MIN 40 Aceh Besar

Hafidhatul Husna, 150209113 (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Picture and Picture dan Media Puzzle Kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Picture and Picture dan Media Puzzle Kelas IV MIN 40 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Picture and Picture dan Media Puzzle Kelas IV MIN 40 Aceh Besar)
Hafidhatul Husna, 150209113, FTK, PGMI, 082166414425 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar dalam proses pembelajaran di kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Selain itu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku paket yang disediakan oleh pemerintah. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik dan dirancang agar siswa dapat melakukan aktivitas saat pembelajaran di kelas sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan bahan ajar berbasis model Picture and Picture dan media Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Desain pengembangan bahan ajar berbasis model Picture and Picture dan media Puzzle di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar, 2) Menguji kelayakan bahan ajar berbasis model Picture and Picture dan media Puzzle di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar, 3) Mengetahui respon guru terhadap produk bahan ajar berbasis model Picture and Picture dan media Puzzle di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model 4D yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain pengembangan bahan ajar berbasis model Picture and Picture dan media Puzzle sudah baik dan bisa menjadi inovasi baru yang menarik, (2) Kelayakan bahan ajar berbasis model Picture and Picture dan media Puzzle dinilai oleh validator ahli media memperoleh 85,41% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli materi diperoleh kelayakan mencapai 78,41% dengan kategori “Layak”. (3) hasil respon guru terhadap bahan ajar berbasis model Picture and Picture dan media Puzzle memperoleh 88,75% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Wati Oviana, S.Pd.I., M.Pd 2. Daniah, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan AJar, Pembelajaran Tematik, Picture and Picture, Media Puzzle
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hafidhatul Husna Fiza
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:03
Last Modified: 01 Mar 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16206

Actions (login required)

View Item
View Item