Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick pada Materi Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII MTsS Lam Ujong Aceh Besar

Revika Su'ada, 261020712 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick pada Materi Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran talking stick pada materi teorema pythagoras.]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran talking stick pada materi teorema pythagoras.)
Revika Su'ada.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Guru hanya menggunakan pembelajaran yang cenderung satu arah dalam mengajarkan matematika. Akibatnya siswa belum terarah untuk memahami sendiri konsep-konsep matematika yang sedang dipelajarinya, sehingga guru harus mampu menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I MTsS Lam Ujong Aceh Besar, dengan jumlah siswa 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui lembar aktivitas guru, aktivitas siswa dan angket respon siswa serta tes hasil belajar siswa pada setiap siklus dan tes akhir belajar siswa keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan, bahwa: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yaitu 72,85% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%; (2) Aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Talking Stick adalah efektif; (3) Respon siswa MTsS Lam Ujong terhadap kegiatan belajar mengajar dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick adalah positif; (4) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Talking Stick pada materi teorema pythagoras secara klasikal mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 78,26, siklus II yaitu 86,95 dan tes akhir yaitu 91,30.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Munirwan Umar, M.Pd; NIP. 1953041811981031002; 2. Zikra Hayati, M.Pd; NIP. 19841001201503005
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:55
Last Modified: 16 Nov 2017 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item
View Item