Nelva Sari, 140209093 (2021) Penggunaan Media Majalah Dinding Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nelva Sari, 140209093, FTK, PGMI, 082367519362.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Kemampuan menulis siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis adalah dengan menggunakan media majalah dinding. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan media majalah dinding. Tujuan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivias siswa dan tes kemampuan siswa menulis karangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Adapun teknik analisis data dengan teknik deskriptif persentatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru dengan penggunaan media majalah dinding meningkat dari siklus I hanya 60,86% menjadi 86,95% pada siklus ketiga (2) Aktivitas siswa pada siklus I hanya 59,78% menjadi 88,04% disiklus ketiga, (3) Hasil kemampuan siswa menulis karangan pada siklus I dengan rata-rata hanya 52,17% meningkat pada siklus III menjadi 82,60%. Ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajarnya melalui penggunaan media majalah dinding dalam menulis pada siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, S.Ag.,M.Ag 2. Silvia Sandi Wisuda Lubis, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis i |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nelva Sari |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:54 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:54 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16603 |