Khairina, 150210071 (2021) Upaya Guru dalam Membina Karakter Anak Usia Dini di RA Al-Muslimat Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Khairina, 150210071, FTK, PIAUD, 082277621142.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Guru merupakan salah satu unsur penting dalam membentuk generasi unggul. Guru berperan dalam pembinaan karakter pada anak. Anak usia 4-5 seharusnya sudah terbiasa dengan karakter disiplin dan religius seperti menunggu giliran, meletakkan benda pada tempatnya, dan mengucapkan salam serta do’a. Akan tetapi masih terdapat peserta didik di RA Al-Muslimat yang belum mencerminkan sikap disiplin dan relegius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membina karakter disiplin dan religius serta mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam membina karakter kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan yang diwawancarai ialah kepala sekolah dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan guru dalam membina karakter disiplin dan religius pada anak belum optimal, dikarenakan kurangnya dukungan dari orangtua sehingga perlu kerja keras dalam memberikan pemahaman yang baik kepada anak. Upaya yang diterapkan guru ialah berbentuk pendekatan seperti memberikan perhatian, pembiasaan, motivasi, dan pemahaman. Kendala dalam membina karakter peserta
didik ialah kurangnya perhatian dan kerjasama orangtua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Khairina Khairina |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 07:24 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 07:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17470 |