Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa MTs

Putra Setiawan, 261324651 (2020) Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa MTs]
Preview
Text (Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa MTs)
Putra Setiawan, 261324651, FTK, PMA, 082260123779.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar matematika merupakan hambatan yang dialami siswa dalam memahami matematika yang disebabkan oleh ketidakberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti, hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar masih rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pembelajaran Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mengatasi kesulitan belajar matematika melalui model pembelajaran Inquiry pada siswa MTs dan dapat mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Rancangan penelitian bersifat Quasi Eksperiment jenis One Group Pre-test Post-test dengan populasi adalah siswa kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar, dan sampel yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan melalui pembelajaran Inquiry dikelas VIII MTsN 6 Aceh Besar pada materi relasi dan fungsi. Hal ini
berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test diperoleh bahwa nilai yaitu . Selain itu, berdasarkan uji Paired Sample T-test dapat disimpulkan bahwa upaya mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas
eksperimen pada materi relasi dan fungsi mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata post-test 74,33% tergolong pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Matematika, Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Putra Setiawan Putra
Date Deposited: 24 Jun 2021 08:26
Last Modified: 24 Jun 2021 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17478

Actions (login required)

View Item
View Item