Perspektif Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Dalam Buku Ihya Ulumuddin

Ramadhana, 160210104 (2021) Perspektif Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Dalam Buku Ihya Ulumuddin. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perspektif Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan   Akhlak Anak Usia Dini Dalam Buku Ihya Ulumuddin.]
Preview
Text (Perspektif Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Dalam Buku Ihya Ulumuddin.)
Ramadhana, 160210104, FTK, PIAUD, 082322946356.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak adalah pendidikan yang bersifat pembentukkan karakter, yang tujuannya adalah untuk membentuk akhlak yang karimah. Realita yang terjadi pada saat ini ialah bangsa indonesia tengah dihadapkan dengan masalah krisis akhlak yang sangat memprihatinkan. Jika tidak dipedulikan tanpa adanya solusi untuk memperbaiki, maka akan menghancurkan masa depan bangsa indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif Imam Al-Ghazali tentang pendidikan akhlak, dan untuk mengetahui metode pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif,dengan menggunakan jenis penelitian studi literature, sumber data dalam penelitian ini, data primer adalah buku Ihya Ulumuddin, dan data sekunder buku Abuddin Nata “ Akhlak Tasawuf”, Buku Dedi Mahyudi, “Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajaran”. Pengumpulan data yang digunakan melalui buku Ihya Ulumuddin kemudian data ini dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah Imam Al-Ghazali menyatakan bahwa untuk membentuk akhlak anak, orang tua dan guru harus mendekatkan diri anak kepada Allah SWT. Menurut Imam Al-Ghazali ada beberapa metode untuk mendidik akhlak anak, yaitu metode teladan, metode pembiasaan, metode cerita, metode hadiah/hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Loeziana Uce, M.Ag Pembimbing II : Rani Puspa Juwita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Anak Usia Dini, Perspektif Imam Al-Ghazali
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ramadhana Ramadhana
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:54
Last Modified: 16 Jul 2021 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17855

Actions (login required)

View Item
View Item