Pengaruh Permainan Building Block Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Hibbah Aceh Besar

Rafida Ulfah, 150210001 (2021) Pengaruh Permainan Building Block Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Hibbah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Building Block Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Hibbah Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Permainan Building Block Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Hibbah Aceh Besar)
Rafida Ulfah, 150210001, FTK, PIAUD, 082363788611.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Permainan Building Block merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk perkembangan sosial emosional anak. Namun sosial emosional anak TK Al-Hibbah belum sepenuhnya berkembang dengan baik, sebagian anak masih belum mampu berinteraksi dengan teman sebayanya dengan baik, terutama dalam hal, mau berbagi, menolong, dan membantu teman, menunjukkan antusiasme dalam melakukan permainan kompertitif secara positif, menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan, menghargai orang lain, menunjukkan rasa empati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Permainan Building Block Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Al Hibbah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ekspeimen. Metode yang digunakan merupakan quasi eksperimen dengan desain randommized pretest-posttest control gruop design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Al Hibbah Aceh Besar dengan sampel penelitian anak kelas A_1 dan A_2. Berdasarkan hasil perhitungan Uji –t, maka dapat disimpulkan nilai yang diperoleh t_(hitung ) < t_(tabel ) yaitu 0,27 < 1,70 sehingga hipotesis H_a ditolak dan hipotesis H_o diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan penggunaan permainan Building Block tidak dapat mengembangkan sosial emosional anak di TK Al-Hibbah Lampisang Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Zikra Hayati, M. Pd Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Building Block, Sosial Emosional
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Depositing User: Rafida Ulfah
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:09
Last Modified: 22 Sep 2021 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18298

Actions (login required)

View Item
View Item