Pengembangan Media Magic Disk Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Rika Yulia Asma, 160210039 (2021) Pengembangan Media Magic Disk Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Magic Disk Terhadap    Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5-6 Tahun]
Preview
Text (Pengembangan Media Magic Disk Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5-6 Tahun)
Rika Yulia Asma, 160210039, FTK, PIAUD, 085270547894.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat di TK An-Nada Aceh Selatan pada anak usia taman kanak-kanak yang berada dalam fase perkembangan bahasa ekpresif masih kurang. Pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak menyenangkan bagi anak usia dini yaitu karena media yang digunakan guru tersebut kurang menarik sehingga anak mudah bosan dan kurang aktif ketika pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk media Magic Disk terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 5-6 tahun yang layak untuk dikembangkan. Jenis penelitian yang dipakai yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, (Analysis) meliputi analisis kebutuhan, (Design) meliputi rancangan dalam membuat media, (Development) meliputi validasi ahli dan revisi produk, (Implementation) ialah uji coba terbatas media Magic Disk pada TK An-Nada Aceh Selatan dan pengisian angket lembar observasi Penilaian kemampuan bahasa ekpresif, (Evaluation) semua tahapan dan revisi untuk mendapatkan produk akhir. Berdasarkan hasil analisis media Magic Disk oleh ahli media mendapatkan hasil 81,8% “layak”. Dan hasil analisis media Magic Disk oleh ahli materi 81,4% “ Layak”. Dan hasil analisis lembar observasi penilaian kemampuan bahasa ekpresif anak 81,5%. Dapat disimpulkan bahwa media Magic Disk terhadap kemampuan bahasa ekpresif pada anak usia 5-6 tahun “layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Dewi Fitriani, M. Ed
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Magic Disk, Bahasa Ekspresif
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rika Yulia Asma
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:28
Last Modified: 02 Nov 2021 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18571

Actions (login required)

View Item
View Item