Pengaruh Penerapan Permainan Lego Terhadap Interaksi Sosial Anak Autisme di Sekolah My Hope Special Needs Center Banda Aceh

Wimanda Yulianita, 170210069 (2021) Pengaruh Penerapan Permainan Lego Terhadap Interaksi Sosial Anak Autisme di Sekolah My Hope Special Needs Center Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Permainan Lego Terhadap Interaksi    Sosial Anak Autisme di Sekolah My Hope Special Needs Center Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Permainan Lego Terhadap Interaksi Sosial Anak Autisme di Sekolah My Hope Special Needs Center Banda Aceh)
Wimanda Yulianita, 170210069, FTK, PIAUD, 085834300034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara dua arah yang masing-masing memiliki responden baik dari segi individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Anak autisme memiliki salah satu kesulitan dalam berinteraksi sosial sehingga mengakibatkan kontak mata yang tidak terarah, gerak-gerik yang tidak fokus, ekspresi wajah yang tidak hidup, dan tidak bisa bermain dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan lego terhadap interaksi sosial anak autisme. Rancangan penelitian ini adalah Pre-Eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak berkebutuhan khusus di sekolah My Hope Special Needs Center, dan sampel yang digunakan adalah 8 orang anak autisme yang berusia 5-6 tahun. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat pengaruh penerapan permainan lego terhadap interaksi sosial anak autisme. Dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan hasil dimana interaksi sosial anak autisme sebelum diberikan permainan lego adalah 46,09 dan data interaksi sosial anak autisme setelah diterapkannya permainan lego adalah 64,06 Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 6,0 dan ttabel =1.895 dengan derajat bebas (db) 7 pada taraf signifikan α= 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan HO ditolak. Dengan demikian penerapan permainan lego terhadap interaksi sosial anak autisme meningkat dengan N-gain 0,05 dalam kategori sedang sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penerapan permainan lego terhadap interaksi sosial anak autisme di sekolah My Hope Special Needs Center Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA. Pembimbing II : Rani Puspa Juwita, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Lego.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Wimanda Yulianita
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:32
Last Modified: 10 Nov 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18691

Actions (login required)

View Item
View Item