Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Layanan Informasi di Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh

Amirul Islam, 170206055 (2021) Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Layanan Informasi di Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan   Layanan Informasi di Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda  Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Layanan Informasi di Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh)
Amirul Islam, 170206055, FTK, MPI, 08537267669.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sistem informasi manajemen adalah kegiatan yang menerapkan fungsi manajemen dalam mengelola sistem yang menyajikan informasi untuk pihak yang membutuhkan informasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sistem informasi manajemen yang telah diterapkan belum optimal digunakan, Beberapa dayah belum sepenuhnya mengelola informasi dayah menggunakan sistem informasi manajemen. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tahapan pengelolaan sistem informasi manajemen, pengendalian sistem informasi manajemen, serta kendala dan solusi dalam peningkatan layanan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas, Kabid SDM dan Manajemen serta tenaga ahli IT. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) tahapan pengelolaan sistem informasi manajemen yaitu perencanaan yang meliputi: menetapkan tujuan, melakukan diskusi, mendesain konsep, memberikan fasilitas kerja dan merancang sistem. Kemudian melaksanakan pengawasan dengan memeriksa output selanjutnya melakukan pengambilan keputusan dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen dalam melihat kebutuhan dayah, (2) pengendalian sistem informasi dilakukan dengan memastikan secara teknis sistem informasi tetap berjalan sesuai dengan tujuan dan memberikan pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan operator dayah, (3) kendala dalam meningkatkan layanan informasi adalah beberapa operator belum memiliki komitmen yang tinggi dalam mengelola informasi dayah dan solusi yang diberikan adalah dengan dengan melatih kembali operator baru serta memberikan reward bagi operator yang aktif mengelola informasi, hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi operator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Muhammad Faisal, M. Ag Pembimbing 2 : Dr. Sri Rahmi, M.A
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Layanan Informasi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3202 Administrasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amirul Islam
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:26
Last Modified: 01 Dec 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18945

Actions (login required)

View Item
View Item