Hubungan Self Monitoring dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Fashion pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) UIN AR-Raniry Banda Aceh

Zahrah Melati, 170901059 (2021) Hubungan Self Monitoring dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Fashion pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) UIN AR-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Self Monitoring]
Preview
Text (Hubungan Self Monitoring)
Zahrah Melati, 170901059, FPSI, PSI, 085363589600.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif telah melanda semua kalangan masyarakat, salah satunya ialah kalangan mahasiswa. Mahasiswa yang ingin dianggap keberadaannya dan diakui eksistensinya oleh lingkungan dengan berusaha menjadi bagian dari lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) UIN AR-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Alat ukur penelitian ini yaitu skala self monitoring yang dikemukakan oleh Snyder (1979) dan skala perilaku konsumtif yang dikemukakan oleh Sumartono (2002). Jumlah populasi adalah sebanyak 1.172 mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dengan jumlah sampel sebanyak 281. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling kuota. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) = -0,485 dengan ρ = 0,000 yang menandakan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara self monitoring dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP- K) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Artinya semakin tinggi self monitoring maka semakin rendah perilaku konsumtif, sebaliknya semakin rendah self monitoring maka semakin tinggi perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Zahrah Melati Melati
Date Deposited: 09 Dec 2021 02:42
Last Modified: 09 Dec 2021 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item
View Item