Pengembangan Media Comol (Congklak Monopoli) Dalam Menstimulasi Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Meukek, Aceh Selatan

Dewi Riska, 160210022 (2021) Pengembangan Media Comol (Congklak Monopoli) Dalam Menstimulasi Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Meukek, Aceh Selatan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Comol (Congklak Monopoli) Dalam Menstimulasi Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Dharma Wanita Meukek, Aceh Selatan]
Preview
Text (Pengembangan Media Comol (Congklak Monopoli) Dalam Menstimulasi Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Dharma Wanita Meukek, Aceh Selatan)
Dewi Riska, 160210022, FTK, PIAUD, 082274721507.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu aspek perkembangan yang perlu di stimulus pada anak sejak dini yaitu perkembangan kemampuan kognitif. Salah satunya yaitu perkembangan simbolik. Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Darma Wanita Meukek, Aceh Selatan, yaitu sebagian anak masih belum tahu lambang bilangan, dan masih terbalik-balik dalam menulis angka. Dan kurangnya media dalam mengenalkan aspek kognitif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kelayakan media comol dalam mengembangkan aspek kognitif. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media comol yang layak untuk membantu proses pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi berupa lembar validasi materi dan media Hasil validasi pengembangan media comol menunjukkan bahwa kelayakan media comol berdasarkan aspek edukatif, teknis, estetika, dan materi sangat layak dengan perolehan skor rata-rata 4. Kepraktisan penggunaan pengembangan media comol untuk menstimulasi pengenalan konsep lambang bilangan pada anak usia dini berdasarkan lembar hasil presentasi materi: 100% (sangat layak), dan untuk hasil presentasi media: 100% (sangat layak), sedangkan hasil presentasi uji coba: 86,25% termasuk dalam kategori sangat mampu. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media comol layak digunakan pada anak usia 5-6 tahun untuk pengenalan konsep lambing bilangan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Jamaliah Hasballah, M.A Pembimbing 2 : Dewi Fitriani, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Media Comol, Aspek Kognitif, Usia 5-6 Tahun
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Riska Riska
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:54
Last Modified: 23 Dec 2021 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19135

Actions (login required)

View Item
View Item