Mulia, 210615835 and Amiruddin, - and Abdul Manan, 2021067201 and khairisman, - (2021) An English Learning: Rural Students Beliefs. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 9 (1). pp. 30-36. ISSN 2614-1892
An English Learning-Rural Students Beliefs.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari pengalaman peneliti sebagai guru sukarela di sekolah terpencil dimana siswa menghadapi hambatan dalam belajar bahasa Inggris karena kurangnya motivasi dan fasilitas pendukung yang kemudian berdampak pada kinerja bahasa Inggris mereka. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kepercayaan dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei dengan menggunakan kuesioner Horwitz's Beliefs About Language Learning Inventory sebagai instrumen penelitian. Populasi pada penelitian ini berjumlah 136 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Temuan menunjukkan bahwa siswa mendukung berbagai keyakinan tentang pembelajaran bahasa Inggris. Keyakinan yang paling umum dipegang oleh siswa adalah motivasi dan harapan. Siswa memiliki keyakinan yang baik dalam motivasi dan harapan (72,35%) karena mereka sadar memiliki pendidikan yang lebih baik dan karir kerja di masa depan dapat dicapai melalui kemampuan bahasa Inggris yang baik. Dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki motivasi yang baik dalam belajar bahasa Inggris karena mereka menganggapnya akan berguna untuk pekerjaan impian mereka di masa depan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam |
Depositing User: | Abdul Manan |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:47 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19228 |