Penurunan Kadar Pencemar Limbah Binatu Dengan Metode Constructed Wetland Menggunakan Tanaman Rumput Teki (Cyperus rotundus)

Sri Roliya, 160702013 (2021) Penurunan Kadar Pencemar Limbah Binatu Dengan Metode Constructed Wetland Menggunakan Tanaman Rumput Teki (Cyperus rotundus). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penurunan Kadar Pencemar Limbah Binatu Dengan Metode Constructed Wetland Menggunakan Tanaman Rumput Teki (Cyperus rotundus)]
Preview
Text (Penurunan Kadar Pencemar Limbah Binatu Dengan Metode Constructed Wetland Menggunakan Tanaman Rumput Teki (Cyperus rotundus))
Sri Roliya, 160702013, FST, TL, 085372430936.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sistem pengolahan limbah cair binatu dengan metode lahan basah buatan (constructed wetland) menggunakan tanaman rumput teki (Cyperus rotundus) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungan perairan. Tanaman rumput teki dapat ditemukan di mana saja, selama ini rumput teki dianggap sebagai gulma dan tahan terhadap kondisi ekstrim. Oleh karena itu, tanaman rumput teki digunakan sebagai fitoremediator untuk mengurangi polutan yang terkandung dalam limbah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan rumput teki dan pengaruh waktu pengolahan selama delapan hari dalam menyisihkan parameter fosfat, kekeruhan dan pH. Reaktor penelitian menggunakan tanaman rumput teki sebanyak 48 batang dengan variasi waktu 0, 2, 4, 6 dan 8 hari. Efektivitas penyisihan parameter fosfat pada hari ke-8 adalah 58,60%. Efektivitas penyisihan parameter kekeruhan pada hari ke-8 adalah 78,46%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Arief Rahman, M. T. Pembimbing II : Dr. Abd Mujahid Hamdan, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Limbah Binatu, Constructed Wetland, Rumput Teki (Cyperus rotundus)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Sri Roliya
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:01
Last Modified: 18 Jan 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19414

Actions (login required)

View Item
View Item