Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Dan Luring Di SMAN Kabupaten Pidie

Nurul A’ La, 170207079 (2021) Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Dan Luring Di SMAN Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Dan Luring Di SMAAN Kabupaten Pidie]
Preview
Text (Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Dan Luring Di SMAAN Kabupaten Pidie)
Nurul A'la, 170207079, FTK, PBL, 082299681753.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran secara luring berbeda dengan pembelajaran daring, begitu pula pembelajaran secara luring saat ini dilaksanakan dengan pembelajaran luring sebelum adanya pandemi Covid-19. Peserta didik mungkin merasa nyaman dengan pembelajaran daring dan sebagiannya lagi nyaman dengan pembelajaran luring, sehingga dapat menimbulkan ragam persepsi dari peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan persepsi peserta didik dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Biologi berbasis daring dan luring di SMAN Kabupaten Pidie. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Unggul Sigli berjumlah 65 orang siswa dan SMA Negeri 1 Sakti yang berjumlah 129 orang siswa, sampel terdiri dari 16 orang siswa kelas XI SMA Negeri 3 Unggul Sigli dan 32 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sakti. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket dan lembar wawancara. Analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, persentase rata-rata persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran Biologi berbasis daring sebesar 65,8% dengan kategori kurang baik, sedangkan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran Biologi berbasis luring sebesar 74% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran Biologi berbasis daring dinilai kurang baik, sedangkan terhadap pelaksanaan pembelajaran Biologi berbasis luring dinilai baik. Kendala yang dialami peserta didik di SMA Kabupaten Pidie dalam pembelajaran Biologi berbasis daring adalah, akses internet, sinyal telekomunikasi, paket data, kurangnya interaksi, penyampaian materi kurang efektif, porsi tugas lebih banyak, terhambatnya pengumpulan tugas, penilaian akhir tidak sesuai. Sedangkan kendala dalam pembelajaran Biologi berbasis luring adalah, berkurangnya waktu, jadwal pembelajaran menggunakan shift.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Peserta Didik, Pembelajaran, Biologi, Daring, Luring
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul A'la Nurul
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:21
Last Modified: 20 Jan 2022 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item
View Item