Analisis Kesulitan Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Rismansyah, 160204062 (2021) Analisis Kesulitan Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Kesulitan Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Rismansyah, 160204062, FTK, PFS, 081370176979.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, faktor yang mempengaruhi kesulitan pembelajaran serta solusi yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) yang melibatkan sampel sebanyak 52 responden yang nantinya akan mengisi angket penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pengisin angket kesulitan, wawancara dan pengolahan data. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik sederahana (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan diantaranya (a) koneksi internet yang tidak stabil,(b) keterbatasan kuota, (c) suasana rumah yang tidak kondusif, (d) mahasiswa kesulitan memahami materi yang diajarkan secara daring, (e) media pembelajaran kurang variatif, dan mahasiswa kesulitan dalam membagi waktu belajar serta kesulitan dalam berkomunikasi baik kepada dosen maupun dengan sesama mahasiswa itu sendiri, sedangkan solusi yang ditawarka adalah dengan senantiasa memotivasi diri sendiri, melakukan komunikasi dengan mahasiswa, menggunakan provider internet yang stabil di lokasi tempat tinggal mahasiswa, melakukan pembelajaran mandiri dengan memperbanyak literasi digital, meningkatkan kemampuan mengelolah waktu dengan baik dan senantiasa mengutamakan kegiatan perkuliahan daripada kegiatan lainnya. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran secara daring selama Covid-19.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Fitriyawany, S.Pd.I., M.Pd Pembimbing II : Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Pembelajaran Daring.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rismansyah Rismansyah
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:39
Last Modified: 17 Mar 2022 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20328

Actions (login required)

View Item
View Item