Peran Guru Pendamping Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Deskriptif di MTsN 1 Model Banda Aceh)

Areif Munandar, 170202071 (2022) Peran Guru Pendamping Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Deskriptif di MTsN 1 Model Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Guru Pendamping Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Deskriptif di MTsN 1 Model Banda Aceh)]
Preview
Text (Peran Guru Pendamping Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Deskriptif di MTsN 1 Model Banda Aceh))
Areif Munandar, 170202071, FTK, PBA, 082272545598.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru pendamping adalah seorang guru yang membantu guru mata pelajaran dalam mendampingi dan mengontrol peserta didik saat pembelajaran. MTsN 1 Banda Aceh merupakan salah satu sekolah yang menerapkan sistem guru pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar sekolah ini dalam menerapkan sistem guru pendamping dan perannya dalam mendampingi belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan seluruh guru pendamping dari MTsN 1 Banda Aceh, tiga guru bahasa Arab dan koordinator guru pendamping. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil yang diperoleh peneliti dari penelitian ini adalah peran guru pendamping di MTsN 1 Banda Aceh sangat baik bagi guru maupun peserta didik. Peran guru pendamping dalam pembelajaran bahasa Arab adalah membantu guru mata pelajaran dalam mengontrol dan mengawasi peserta didik saat pembelajaran, dan guru pendamping juga membantu guru untuk memperlancar proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Areif Munandar Munandar
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:25
Last Modified: 23 Mar 2022 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item
View Item