Upaya Guru Dalam Mengatasi Masalah Siswa di Pembacaan Teks Arab di Pesantren Modern Misbahul Ulum

Muhammad Farhan, 170202029 (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Masalah Siswa di Pembacaan Teks Arab di Pesantren Modern Misbahul Ulum. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembacaan Teks Arab] Text (Pembacaan Teks Arab)
Muhammad Farhan, 170202029, FTK, PBA, 0820267410917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan yang diajarkan di semua sekolah, khususnya dalam pengajaran bahasa Arab. Pada kenyataannya, siswa sekolah merasa kesulitan untuk membaca dan memahami teks-teks bahasa Arab. Oleh karena itu, guru perlu mencoba memecahkan masalah siswa dalam membaca teks bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca teks bahasa Arab dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa Arab. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara dan observasi dengan 3 orang guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada Pesantren Modern Misbahul Ulum Paloh yang berjumlah 20 orang guru, dan sampel yang peneliti ambil adalah guru bahasa arab khususnya membaca sebanyak 3 orang guru. Adapun analisis datanya adalah (1) Pengumpulan data (2) Deduksi data (3)Penyajian data (4) kesimpulan. Hasil penelitian adalah kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca teks bahasa Arab di Pesantren Misbahul ulum, terutama dalam membaca teks, yaitu tata bahasa dan morfologi, kurangnya hafalan kosa kata, dan kurangnya penerapan aturan tata bahasa dan morfologi. Oleh karena itu, beberapa guru menggunakan metode kursif, terjemahan dan metode membaca.Dalam mengajarkan konsep membaca, guru dan siswa memiliki masalah yang mencakup masalah linguistik dan non-verbal karena kemampuan tata bahasa dan beberapa faktor lainnya. Upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan bagi siswa secara umum memiliki faktor-faktor antara lain kurikulum, tujuan, siswa, mata pelajaran, metode, metode, kecenderungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Farhan Farhan
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:50
Last Modified: 03 Jun 2022 07:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20833

Actions (login required)

View Item
View Item