Tahlil Al 'Awamil Al Muatsharah Ladayya Atthalabah fii Ikhtiyaari Qismi Ta'liym Allughatul Al 'Arabiyah

Siti Seroja, 170202097 (2022) Tahlil Al 'Awamil Al Muatsharah Ladayya Atthalabah fii Ikhtiyaari Qismi Ta'liym Allughatul Al 'Arabiyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tahlil Al 'Awamil Al Muatsharah Ladayya Atthalabah fii Ikhtiyaari Qismi Ta'liym Allughatul Al 'Arabiyah] Text (Tahlil Al 'Awamil Al Muatsharah Ladayya Atthalabah fii Ikhtiyaari Qismi Ta'liym Allughatul Al 'Arabiyah)
Siti Seroja, 170202097, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dari pengamatan peneliti dalam proses pembelajaran bahasa Arab bahwa sebagian mahasiswa kurang semangat dan serius dalam belajar, seperti tidak mengerjakan tugas dari dosen dan sebagian mahasiswa tidak mendengarkan penjelasan dosen dengan baik ketika belajar. Oleh karena itu peneliti ingin melihat faktornya dengan meninjau faktor yang mempengaruhi dalam memilih jurusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih jurusan pendidikan bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan bahasa arab semester tujuh yang berjumlah 198 mahasiswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini 24 mahasiswa. Adapun dari hasil penelitian yang diperoleh, faktor- faktor yang mempengaruhi pemilihan jurusan pendidikan bahasa Arab adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain kemauan siswa, minat terhadap bahasa Arab, bakat, kemampuan dan kekagumannya, keinginan yang besar untuk memperdalamnya, dan kecintaan terhadap pelajaran bahasa Arab. Adapun faktor eksternal, pandangan orang tua mahasiswa terhadap jurusan pendidikann bahasa arab dan dukungan mereka untuk masuk jurusan tersebut, rasa bangga orang tua mahasiswa jika memilihnya, biaya kuliah yang sebanding dengan kemampuan ekonomi keluarga mahasiswa, kemudahan mendapatkan pekerjaan, lokasi universitas yang mudah dijangkau, latar belakang pendidikan di sekolah sebelumnya, dan pengaruh status akreditasi universitas yang Baik. Faktor- faktor tersebut akan mempengaruhi proses mahasiswa dalam belajar, kurangnya semangat, dan kurang bergairah untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Seroja
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:55
Last Modified: 16 Jun 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21249

Actions (login required)

View Item
View Item