Kemampuan Literasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Morfologi Tumbuhan Menggunakan Google Classroom Selama Pandemi Covid-19

Juleo Saputra, 140207173 (2021) Kemampuan Literasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Morfologi Tumbuhan Menggunakan Google Classroom Selama Pandemi Covid-19. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Literasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Morfologi Tumbuhan Menggunakan Google Classroom Selama Pandemi Covid- 19] Text (Kemampuan Literasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Morfologi Tumbuhan Menggunakan Google Classroom Selama Pandemi Covid- 19)
Juleo Saputra, 140207173, FTK, PBL, 082269003855.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi mahasiswa sangat dituntut untuk mengoptimalkan kemampuan individunya sebagai mahasiswa dalam mengoprasikan google classroom sebagai sarana belajar dimasa wabah pandemi covid-19. Pentingnya untuk menanamkan budaya literasi bagi mahasiswa sehingga menjadi familiar terhadap google classroom
, namun demikian untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan proses yang panjang dan harus dilakukan dalam beberapa tahapan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kemampuan literasi mahasiswa pendidikan biologi dalam
mengikuti proses pembelajaran morfologi tumbuhan, dan unutk mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa
pendidikan biologi dalam mengikuti proses pembelajaran morfologi tumbuhan menggunakan google classroom selama pandemi Covid-19. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Analisis pengolahan data dilakukan dengan menganalisa data hasil angket, dalam hal ini peneliti memilah dan memilih
data mana yang dianggap relevan dan penting yang berkaitan selanjutnya membuat sebuah kesimpulan dari suatu penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan google classroom dapat meningkatkan literasi mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran morfologi tumbuhan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan perkuliahan menggunakan google classroom adalah kuota dan jaringan internet, motivasi belajar rendah cenderung melalaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, kesulitan mengatur waktu belajar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa literasi mahasiswa meningkat selama menggunakan google classroom, terdapat kendala dalam penerapan google classroom dan upaya yang dilakukan dengan pemberian materi dibatasi pada kompetensi-kompetensi dasar yang esensial dan dibuatkan suatu media pembelajaran dengan bahasa sederhana yang lebih mudah dipahami oleh mahasiswa, serta memberikan keringanan atas kendala yang dihadapi oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Google Classroom , Morfologi Tumbuhan, Covid-19
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Juleo Saputra
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:08
Last Modified: 22 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item
View Item