Uji Unit Filtrasi Sederhana Dalam Menurunkan Parameter Kualitas Air Limbah Cair Rumah Makan

Siti Reifa Izarna, 170702011 (2022) Uji Unit Filtrasi Sederhana Dalam Menurunkan Parameter Kualitas Air Limbah Cair Rumah Makan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Filtrasi, pasir silika,zeolit, karbon aktif, kapas filter, limbah rumah makan] Text (Filtrasi, pasir silika,zeolit, karbon aktif, kapas filter, limbah rumah makan)
Siti Reifa Izarna, 170702011, FST, TL, 082360789569.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45MB)

Abstract

Limbah rumah makan merupakan salah satu limbah yang sering mencemari lingkungan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan organik yang terkadung di dalamnya. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemar yang berasal dari limbah rumah makan dengan proses fitrasi. Metode pengolahan limbah rumah makan dengan menggunakan proses filtrasi telah terbukti efektif dan mampu dalam mengurangi zat pencemar yang terkandung di dalam air limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses filtrasi dengan menggunakan media pasir silika, zeolit, karbon aktif, dan kapas filter dalam menetralkan kadar pH dan menurunkan kadar BOD, COD, TSS, ML, dan kekeruhan pada limbah cair rumah makan. Eksperimen filtrasi dilakukan dengan menggunakan variasi ketebalan media 5, 10, dan 15 cm. Didapatkan hasil pengukuran pH dengan hasil akhir 6 yang bersifat basa. Hasil persentase pada parameter BOD, COD, dan kekeruhan paling baik dengan menggunakan ketebalan media 15 cm (BOD sebesar 93,4%, COD sebesar 83,86%, dan kekeruhan sebesar 90,4%). Parameter TSS dengan ketebalan 5 dan 10 cm menghasilkan persentase tertinggi senilai 99,22%, sedangkan untuk parameter ML sudah menunjukkan hasil persentase tertinggi dengan ketebalan media 5 cm yaitu sebesar 94,02%. Dapat dilihat bahwa sistem filtrasi dengan menggunakan media pasir silika, zeolit, karbon aktif, dan kapas filter mampu dan efektif dalam menurunkan kadar zat pencemar yang terdapat dalam limbah cair rumah makan. Hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu solusi dalam pengolahan limbah cair rumah makan dengan bantuan sistem filtrasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Siti Reifa Izarna Reifa
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:46
Last Modified: 29 Jun 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item
View Item