Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Pembelajaran Concept Attainment pada Siswa SMA

Mira Mauliana Betra, 150205053 (2021) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Pembelajaran Concept Attainment pada Siswa SMA. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Pembelajaran Concept Attainment pada Siswa SMA] Text (Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Pembelajaran Concept Attainment pada Siswa SMA)
Mira Mauliana Betra, 150205053, FTK, PMA, 085362184100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Fakta yang didapat nyatanya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mereka. Model pembelajaran concept attainment merupakan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran concept attainment; 2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diterapkan model pembelajaran concept attainment lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimen dan desain Pretest Postest Equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Seunagan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian pada hipotesis 1 diperoleh thitung = 14,526 dan ttabel = 1,74, hasil ini berakibat thitung > ttabel yaitu 14,526 > 1,74, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran concept attainment dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hipotesis 2 diperoleh thitung = 3,293 dan ttabel = 1,69, hasil ini berakibat thitung > ttabel yaitu 3,293 > 1,69, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan diterapkan model pembelajaran concept attainment lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mira Mauliana Betra
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:49
Last Modified: 05 Jul 2022 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item
View Item