Peran Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Moral pada Anak di PAUD Ibnu Sina Desa Barabung

Asmaul Husna, 160210077 (2021) Peran Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Moral pada Anak di PAUD Ibnu Sina Desa Barabung. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Moral  pada Anak di PAUD Ibnu Sina Desa Barabung] Text (Peran Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Moral pada Anak di PAUD Ibnu Sina Desa Barabung)
Asmaul Husna, 160210077, FTK, PIAUD, 082369040210.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peran guru dalam suatu proses pembelajaran mempunyai tanggung jawab yang sangat penting seperti halnya dalam membimbing untuk membentuk moral anak, karena berhasil tidaknya suatu pendidikan karakter dapat ditentukan oleh guru di sekolah. Berdasarkan permasalahan yang terdapat di PAUD Ibnu Sina Desa Barabung, sebagian guru belum menerapkan sikap kedisiplinan serta belum menerapkan sikap berkata lemah lembut terhadap anak sehingga berdampak pada perkembangan moral anak, Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan guru dan evaluasi guru dalam meningkatkan perkembangan moral pada anak di PAUD Ibnu Sina Desa Barabung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara. Adapun teknik analis data yaitu dengan mereduksi data, display/penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan moral anak di PAUD Ibnu Sina Desa Barabungsudah mulai menerapkan berbagai bentuk bimbingan seperti menjadi model/teladan, memberikan nenasehat, pembiasaan, pujian dan metode bercerita. Adapun bentuk evaluasi guru dalam membimbing moral anak adalah dengan melihat kegiatan keseharian anak dan meninjau dari hasil rapor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Asmaul Husna
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:12
Last Modified: 27 Jul 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22079

Actions (login required)

View Item
View Item