Pemanfaatan Koleksi Bahasa Indonesia Oleh Sivitas Akademika Prodi Bahasa Indonesia Sebagai Bahan Rujukan Dalam Pembelajaran Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh (STKIP BBG Banda Aceh)

Nurul Aini, 160503044 (2022) Pemanfaatan Koleksi Bahasa Indonesia Oleh Sivitas Akademika Prodi Bahasa Indonesia Sebagai Bahan Rujukan Dalam Pembelajaran Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh (STKIP BBG Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Koleksi Bahasa Indonesia Oleh Sivitas Akademika Prodi Bahasa Indonesia Sebagai Bahan Rujukan Dalam Pembelajaran Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa  Getsempena Banda Aceh (STKIP BBG Banda Aceh)] Text (Pemanfaatan Koleksi Bahasa Indonesia Oleh Sivitas Akademika Prodi Bahasa Indonesia Sebagai Bahan Rujukan Dalam Pembelajaran Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh (STKIP BBG Banda Aceh))
Nurul Aini, 160503044, FAH, IP, 081360537234.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Koleksi Bahasa Indonesia oleh Sivitas Akademika Prodi Bahasa Indonesia sebagai Bahan Rujukan dalam Pembelajaran di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh (STKIP BBG Banda Aceh)”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah mengenai pemanfaatan koleksi Bahasa Indonesia oleh sivitas akademika prodi Bahasa Indonesia, yang mana sivitas akademika hanya memanfaatkan koleksi pada sabjek tertentu di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh (STKIP BBG Banda Aceh). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan koleksi Bahasa Indonesia oleh sivitas akademika Prodi Bahasa Indonesia sebagai bahan rujukan dalam pembelajaran di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh (STKIP BBG Banda Aceh). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis deskriptif kualitatif menganalisis, dan menggambarkan kondisi data berupa hasil wawancara mengenai pemanfaatan koleksi Bahasa Indonesia. Informan dalam penelitian ini adalah 1 orang pustakawan, 2 orang dosen prodi Bahasa Indonesia dan 33 orang mahasiswa dari prodi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi Bahasa Indonesia sebagai bahan rujukan dalam pembelajaran sudah termanfaatkan. Akan tetapi, dari 19 orang mahasiswa dan 2 orang dosen prodi Bahasa Indonesia dapat dilihat pemanfaatannya lebih banyak menggunakan koleksi pada nomor kelas 400 (linguistik) mencapai 60% pengguna, dan 8 orang mahasiswa memanfaatkan pada nomor kelas 410 (Bahasa Indonesia) mencapai 22,8% pengguna, sedangkan untuk 6 orang mahasiswa lainnya memanfaatkan koleksi pada nomor kelas 415 (Tata Bahasa) mencapai 17,2% pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.7 Persiapan Fisik untuk Penyimpaan dan Penggunaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nurul Aini
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:08
Last Modified: 02 Aug 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22219

Actions (login required)

View Item
View Item