Efektifitas Pendekatan Komunikatif Dengan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara

Ully Shifa Chiarani, 180202162 (2022) Efektifitas Pendekatan Komunikatif Dengan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan Komunikatif Dengan Media Gambar Berseri] Text (Pendekatan Komunikatif Dengan Media Gambar Berseri)
Ully Shifa Chairani, 180202162, FTK, PBA, 082269856934.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Mahad Daarut Tahfidz Al-Ikhlas terletak di Lamteumen Barat Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh yang memfokuskan siswa pada menghafal Al-Qur'an, meskipun bahasa Arab juga diajarkan disana. Namun, Ketika peneliti melihat bahwa siswa disana kurang dalam berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menerapkan pendekatan komunikatif melalui gambar berseri untuk maharah kalam siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan komunikatif melalui gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah kalam, dan juga untuk mengetahui penerapan pendekatan komunikatif melalui gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah kalam di kelas 11 SMA Mahaad Daarut Tahfidz Al Ikhlas. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Pre Experimental Design dengan model One Group Pre Test Post Test desaign. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas (1) berjumlah 20 siswa. Adapun hasil penelitian ialah penerapan pendekatan komunikatif melalui media gambar berseri terhadap keterampilan berbicara yaitu efektif melalui uji T Hasil tingkat signifikansi (Sig) adalah (0,05 > 0,00). Dan hasil observasi terhadap guru dengan menerapkan pendekatan komunikasi dan media gambar berseri ialah 93,75% artinya sangat baik. Dan hasil observasi terhadap siswa dengan menerapkan pendekatan komunikasi dan media gambar berseri ialah 96,15%, artinya sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ully Shifa Chairani Shifa
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:50
Last Modified: 12 Aug 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22502

Actions (login required)

View Item
View Item