Pengajaran Balaghah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UniversitasIslam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Analisis Tahun Ajaran 2019-2020)

Rusniati, 180202169 (2022) Pengajaran Balaghah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UniversitasIslam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Analisis Tahun Ajaran 2019-2020). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengajaran Balaghah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Analisis Tahun Ajaran 019-2020).] Text (Pengajaran Balaghah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Analisis Tahun Ajaran 019-2020).)
Rusniati, 180202169, FTK, PBA, 082273254353.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran Balaghah, dan media pengajaran yang digunakan dalam pengajaran, serta mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dan masalah yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran Balaghah. Adapun metode yang dipakai adalah metode analisis deskriptif. dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan alat penelitian seperti wawancara pribadi, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah para dosen balaghah dan mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Arab Tahun Ajaran 2019-2020 M. Sampel penelitiannya adalah 29 mahasiswa/i dan dua dosen balaghah yang mengajar pada tahun ajaran 2019-2020. Hasil penelitian yang didapatkan ialah bahwasannya metode yang digunakan dalam mengajar balaghah di prodi Pendidikan Bahasa Arab menggunakan metode istiqraiyah, qiyasiyah, qawaid terjemah dan metode langsung. Dan media yang digunakan dalam pengajaran balaghah menggunakan buku balaghah dan papan tulis. Adapun tingkat kemampuan mahasiswanya sebagian dari mereka mampu menguasai materi balaghah dan sebagian dari mereka belum dapat menguasai materi balaghah dengan baik. Adapun permasalahan yang dihadapi mahasiswa yaitu kebanyakan dari mereka memiliki kesulitan dalam belajar seperti kesulitan dalam memahami materi, menterjemahkannya, kurangnya minat dalam mengikuti pembelajaran, membutuhkan waktu yang panjang dalam belajar, dan banyak dari mereka yang takut untuk bertanya ketika belum memahami materi pelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rusniati Rusniati
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:38
Last Modified: 06 Sep 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item
View Item