Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Sharaf (Penelitian Eksperimen Tingkat Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan)

Cut Riska Rahimi, 180202086 (2022) Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Sharaf (Penelitian Eksperimen Tingkat Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Sharaf (Penelitian Eksperimen Tingkat Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan)] Text (Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Sharaf (Penelitian Eksperimen Tingkat Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan))
Cut Riska Rahimi, 180202086, FTK, PBA, 085260268980.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal peneliti pada kelas 2 tingkat Tsanawiyah Darul Ihsan, peneliti menemukan bahwasanya siswa mengalami kesulitan dalam mengahafal tashrif yang ada pada pelajaran sharaf. Dikarenakan guru tidak menggunakan media apapun ketika proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti tentang Penggunaan media kartu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sharaf. Dan juga peneliti hanya mengambil satu kelas untuk dilaksanakan penelitian, yaitu pada kelas 2E. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran sharaf terhadap penggunaan media kartu dalam pelajaran sharaf dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media kartu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sharaf di MTsN Darul Ihsan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sharaf sangat baik. Terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi) terhadap kegiatan guru sebesar 95% dan kegiatan siswa sebesar 96%, keduanya berkisar antara 81 – 100% dengan kategori sangat baik. Metode ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran sharaf, dengan hasil pre-test dan post-test adalah dengan tingkat signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cut Riska Rahimi
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:01
Last Modified: 09 Sep 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23020

Actions (login required)

View Item
View Item