Penggunaan Media Elektronik Hadiqatul Huruf Untuk

Nora Nisa, 180202014 (2022) Penggunaan Media Elektronik Hadiqatul Huruf Untuk. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Elektronik Hadiqatul Huruf Untuk] Text (Penggunaan Media Elektronik Hadiqatul Huruf Untuk)
Nora Anisa, 180202014, FTK, PBA, 082219881643.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kosa kata merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran bahasa Arab, dan bertujuan agar siswa dapat menguasai kosa kata dan mampu menyusun kalimat hingga mampu berbicara dalam bahasa Arab. Penggunaan media pada pembelajaran mufradat memiliki peran penting untuk memfasilitasi siswa dalam memahami arti dari kata-kata yang akan mereka ungkapkan. Bahasa Arab diajarkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah, siswa tsanawiyah di Dayah Jeumala Amal khususnya kelas 1-A mempelajari pelajaran bahasa arab khususnya pelajaran mufradat. Ketika peneliti mencatat, masalahnya adalah bahwa beberapa siswa lemah dalam penguasaan kosa kata. Hal ini dijelaskan dalam hasil ujian, sehingga peneliti memperoleh masalah bahwa mereka sulit dalam menyusun kalimat yang sempurna dan menerjemahkan teks bahasa Arab. Ini disebabkan oleh kurangnya perhatian siswa dalam memahami pelajaran mufradat, dan guru tidak menggunakan media yang cocok untuk memperhatikan siswa pada proses belajar mengajar khususnya pada pembelajaran mufradat. Oleh sebab itu penelitian ini untuk mengetahui proses guru dan siswa dalam menggunakan media hadiqatul huruf. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode eksperimen dengan desain One Group Pre-test and Post-test. Untuk semua data, peneliti melakukan sesuai rencana pembelajaran pre test, post test dan observasi langsung. Dan yang menjadi populasi pada penelitian ini siswa tsanawiyah Dayah Jeumala Amal pidie jaya yang berjumlah 903 siswa. Peneliti mengambil sebagai sampel yaitu siswa kelas 1-A dan mereka berjumlah 34 siswa. Adapun hasil penelitian bahwa penggunaan media “hadiqatul huruf” efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada mufradat karena uji-t diperoleh hasil sebesar (11,125), maka taraf signifikansi (Sig) adalah (0,05>0,000).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nora Nisa
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:48
Last Modified: 12 Sep 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23042

Actions (login required)

View Item
View Item