Tathwiru Kitabil Qiraatir Rasyidah Biwasilati Qishashin Mushawwaratin Lilmarhalati Atsanawiyyati Bima’hadi Daaril Ihsan Aceh Besar (Dirasatul Bahtsi wa Tathwir)

Eva Kamalia, 170202086 (2022) Tathwiru Kitabil Qiraatir Rasyidah Biwasilati Qishashin Mushawwaratin Lilmarhalati Atsanawiyyati Bima’hadi Daaril Ihsan Aceh Besar (Dirasatul Bahtsi wa Tathwir). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Kitab Qiraah Rasyidah dengan Menggunakan Media Komik] Text (Pengembangan Kitab Qiraah Rasyidah dengan Menggunakan Media Komik)
Eva Kamalia 170202086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan kitab Qiraah Rasyidah dengan menggunakan media komik dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan kitab Qiraah Rasyidah di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar. Adapun untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan metode Research and Development/R&D. Adapun sampel dalam penelitian ini peneliti memilih kelas III Darul Ihsan Aceh Besar dengan jumlah 15 siswa. Pengembangan ini terdiri dari enam langkah yaitu; (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk. Adapun hasil penelitian ini adalah peneliti berhasil menemukan produk baru yaitu sebuah buku pengembangan yang berjudul “Arra’i wazzikbu” setelah melalui proses validasi ahli. Adapun validasi pengembangannya terdiri dari dua aspek yaitu aspek isi dan desain. Hasil validasi oleh ahli bahasa diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 39 dengan persentase sebesar 98% termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 121 dengan persentase sebesar 92% termasuk dalam kriteria sangat layak. Sedangkan hasil dari tanggapan siswa diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 522 dengan persentase sebesar 87% termasuk dalam kriteria sangat layak.
Kata Kunci: Pengembangan, Kitab Qiraah Rasyidah, Komik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eva Kamalia
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:11
Last Modified: 20 Sep 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23240

Actions (login required)

View Item
View Item