Pengaruh Kegiatan Menjiplak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru

Efri Saldiana, 170210013 (2022) Pengaruh Kegiatan Menjiplak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Kegiatan Menjiplak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru] Text (Pengaruh Kegiatan Menjiplak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru)
Efri Saldiana, 170210013, FTK, PIAUD, 082364530380.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun dapat dinilai dengan kemampuan anak didik membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri, lengkung kanan, dan lingkaran serta menjiplak bentuk. Pada usia ini anak mampu mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit. Akan tetapi, ditemukan beberapa anak di TK Bina Baru kemampuan motorik halus anak masih kurang optimal dikarenakan masih kesulitan saat memegang pensil, menekan pensil di kertas perlu bantuan guru dan hasil goresan tulisannya masih terlihat halus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan menjiplak menggunakan bahan alam terhadap motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Bina Baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi eksperimental dalam bentuk pretest-posttest control group design. Sampel penelitian yaitu kelas A1 yang berjumlah 8 orang peserta didik dan kelas A2 yang berjumlah 8 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kemampuan motorik halus anak menggunakan kegiatan menjiplak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan menjiplak menggunakan bahan alam berpengaruh terhadap motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Bina Baru. Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil uji hipotesis dengan jenis uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai 0,002< 0,05 artinya H_a diterima dan H_o ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Efri Saldiana Efri
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:38
Last Modified: 21 Sep 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item
View Item