Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Untuk Meningkatkan Pemahaman Makna Surah Al-Lahab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Muhajirin

Bayani, 170210016 (2022) Efektivitas Metode Kauny Quantum Memory Untuk Meningkatkan Pemahaman Makna Surah Al-Lahab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Muhajirin. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Metode Kauny Qunatum Memory Untuk Meningkatkan Pemahaman Makna Surah Al-Lahab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Muhajirin] Text (Efektivitas Metode Kauny Qunatum Memory Untuk Meningkatkan Pemahaman Makna Surah Al-Lahab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Muhajirin)
Bayani, 170210016, FTK, PIAUD, 082289090186.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang tidak berpusat pada anak adalah salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran AUD, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan bagi anak. Anak belum memahami arti ayat Al-Qur’an yang dihafalkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan dan dijadikan umpan balik pada proses menghafal Al-Qura’an yaitu metode Kauny Quantum Memory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan kemampuan pemahaman makna surah Al-Lahab pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muhajirin. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Hasil penelitian ditemukan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman makna surah Al-Lahab anak sebelum digunakan metode Kauny Quantum Memory adalah 20,8 dan kemampuan pemahaman makna surahAl-Lahab setelah diberikan treatment meningkat dengan hasil nilai rata-rata 43. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai pada signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan perolehan nilai t: diperoleh nilai thitung sebesar 10,528 > ttabel 2,447. Maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Kauny Quantum Memory efektif untuk meningkatkan pemahaman makna surah Al-Lahab anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muhajirin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Bayani Bayani
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:49
Last Modified: 22 Sep 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23287

Actions (login required)

View Item
View Item