Penggunaan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Skripsi Oleh Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Asnati Manik, 160503051 (2022) Penggunaan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Skripsi Oleh Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Penggunaan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Skripsi Oleh Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Penggunaan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Skripsi Oleh Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Asnati Manik, 160503051, FAH, IP, 081344121556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Mendeley merupakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka pada penulisan skripsi. Fakultas sains dan teknologi prodi kimia sudah menerapka penggunaan aplikasi mendeley dalam penulisan daftar pustaka dan sitasi pada skripsi. Penelitian skripsi ini mengkaji bagaimanakah penggunaan aplikasi Mendeley dalam penulisan skripsi oleh Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sanis dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa akhir Prodi Kimia yang sudah menerima SK bimbingan Skripsi yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan menggunakan rumus Mean. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Mendeley dalam penulisan skripsi oleh mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknilogi UIN Ar-Raniry tergolong mengerti atau memahami penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini diindikasikan dari nilia rata-rata empat indikator penilaian yang tergolong baik, yaitu 73,33 persen. Keempat indikator tersebut yaitu, kemampuan dalam memahami (Understandability) perangkat lunak atau aplikasi Mendeley (77,23%); kemampuan mempelajari (Learnability) perangkat atau aplikasi (71,88%); kemampuan mengoperasikan (Operability) perangkat atau aplikasi (71,93%); ketertarikan (Attractiveness) penggunaan perangkat atau aplikasi (72,64%). Dapat disimpulkan bahwa, secara umum mahasiswa akhir mahasiswa prodi kimia mengerti dalam mengaplikasikan aplikasi Mendeley dalam penulisan skripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Asnati Manik
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:59
Last Modified: 10 Oct 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item
View Item