Penerapan Metode Partisipatif Pada Materi Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Untuk Praktek Kerja Industri (Prekerin) Kelas XI SMK Negeri 4 Banda Aceh

Akmilul Fazlan, 170211083 (2023) Penerapan Metode Partisipatif Pada Materi Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Untuk Praktek Kerja Industri (Prekerin) Kelas XI SMK Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Partisipatif Pada Materi Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Untuk Praktek Kerja Industri (Prekerin) Kelas XI SMK Negeri 4 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Partisipatif Pada Materi Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Untuk Praktek Kerja Industri (Prekerin) Kelas XI SMK Negeri 4 Banda Aceh)
Akmilul Fazlan, 170211083, FTK, PTE, 082260609359.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Prakerin merupakan suatu kegiatan keahlian yang di dalamnya siswa terlibat langsung dalam melakukan pelatihan di dunia kerja, pembelajaran pada metode partisipatif merupakan model pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dari hasil observasi yang telah peneliti lakukan di SMK Negeri 4 Banda Aceh kebanyakan siswa masih terkendala pada materi pembelajaran, terutama pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor baik ketika praktek di bengkel sekolah maupun ketika praktek di dunia usaha/dunia industri (DU/DI).Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kelayakan penerapan metode partisipatif pada tahapan (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran) pada materi pemeliharaan kelistrikan sepeda motor di SMK Negeri 4 Banda Aceh kelas XI dan untuk mengetahui pengujian hasil penerapan metode partisipatif pada materi pemeliharaan kelistrikan sepeda motor di SMK Negeri 4 Banda Aceh kelas XI. Sampel dalam penelitian ini berjumlah siswa kelas XI di SMKN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental design yang menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Dari teknik analisis data menggunakan uji-t, maka hasil hasil dapat disimpulkan hasil output bahwa Ha diterima 0,00 < 0,05 artinya bahwa hasil nilai pretest berbeda dengan posttest, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwasanya metode partisipatif memiliki pengaruh pada kegiatan pembelajaran di kelas XI SMK Negeri 4 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Akmilul Fazlan
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:39
Last Modified: 20 Feb 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26945

Actions (login required)

View Item
View Item