Pengembangan Media Rainbow Sticks Pattern untuk Mengenalkan Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini

Tria Mabrurah, 160210025 (2022) Pengembangan Media Rainbow Sticks Pattern untuk Mengenalkan Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Rainbow Sticks Pattern untuk Mengenalkan Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini] Text (Pengembangan Media Rainbow Sticks Pattern untuk Mengenalkan Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini)
Tria Mabrurah, 160210025, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Mutiara Bunda Aceh Jaya terdapat beberapa permasalahan dalam proses kegiatan belajar, masih banyak anak yang belum mampu mengenal lambang bilangan serta kurangnya penggunaan media, hanya berupa buku tulis dan poster sehingga anak mudah bosan dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media rainbow stick pattern sebagai APE yang layak untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Mutiara Bunda Keutapang Aceh Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D, dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Kelayakan materi dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4 dengan persentase 75% berada dalam kategori layak, begitu juga dengan kelayakan media dapat dilihat dari hasil yang memperoleh nilai rata-rata 4 dengan persentase 98,21% berada kategori sangat layak. 2) Pengembangan media Rainbow Stick Pattern dapat mengenal lambang bilangan 1-10, berdasarkan hasil nilai observasi, memperoleh nilai rata-rata 17 dengan persentase 85% berada dalam kategori sangat mampu. Dengan demikian, dapat dikesimpulkan bahwa media Rainbow Sticks Pattern sangat mampu untuk mengenalkan lambang bilangan 1-10 pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Mutiara Bunda Keutapang Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Tria Mabrurah Tria
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:54
Last Modified: 10 Apr 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27956

Actions (login required)

View Item
View Item