Prosedur Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh

Siti Rahmalia, 190802019 (2023) Prosedur Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pajak bumi dan bangunan] Text (Pajak bumi dan bangunan)
SITI RAHMALIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penerimaan PBB kota Banda Aceh tahun 2018 sampai 2022 mengalami ketidakstabilan setiap tahunnya, salah satu faktor penyebabnya adalah prosedurnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pemungutan PBB dalam meningkatkan PAD pada BPKK Banda Aceh, dan bagaimana perolehan sumber PBB dalam meningkatkan PAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta triangulasi sumber, dan triangulasi teknik sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pemungutan PBB berdasarkan indikator pendaftaran, penilaian, penetapan dan pembayaran sudah berjalan sesuai SOP yang telah ditetapkan, akan tetapi di dalam indikator pendataan, penagihan dan pencatatan belum sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan ketetapan dan realisasi yang telah ditetapkan belum mencapai target yang telah ditetapkan setiap tahunnya, hambatannya adalah kepemilikan objek pajak dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam membayar objek pajak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa prosedur pemungutan PBB dalam meningkatkan PAD telah dilaksanakan meskipun ada kendala dalam pelaksanaannya.
Kata Kunci: Prosedur, PBB, PAD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.2 Kondisi Pekerjaan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara > 336.2 Pajak dan Perpajakan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Siti Rahmalia Siti
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:43
Last Modified: 07 Aug 2023 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30609

Actions (login required)

View Item
View Item