Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Instruction Pada Siswa Smp

Rahmaton Wahyu, 170205006 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Instruction Pada Siswa Smp. Diploma thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Matematika  Berbasis Model Problem Based Instruction  Pada Siswa Smp] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Instruction Pada Siswa Smp)
Rahmaton Wahyu.pdf - Published Version

Download (18MB)

Abstract

Video pembelajaran adalah media yang digunakan untuk meransang pikiran, keinginan untuk belajar dengan menyampaikan pesan, ide atau gagasan secara audio visual. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat, perilaku serta sikap guru sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diperoleh kebanyakan guru jarang menggunakan model dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, Dalam meningkatkan kualitas mutu pendidik dan tercapainya tujuan pembelajaran matematika dikembangkan sebuah video pembelajaran berbasis model PBI. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk yaitu video pembelajaran berbasis model PBI pada siswa SMP. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil analisis validasi diperoleh dari empat validator mendapat kriteria sangat baik dengan persentase 84,32%. Setelah dilakukan uji coba, hasil kepraktisan oleh praktisi dan responden masing-masing diperoleh 82,92% dan 84,13% dengan kriteria sangat baik sehingga dikategorikan praktis. Berdasarkan penilaian para ahli dan uji coba lapangan menyatakan bahwa video pembelajaran matematika yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmaton Wahyu Rahmawahyu Rahmaton
Date Deposited: 14 Aug 2023 10:21
Last Modified: 14 Aug 2023 10:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30758

Actions (login required)

View Item
View Item