Evolusi Perambatan Gelombang Melalui Analisis Semi Analitik Orde Tinggi Persamaan Kdv pada Pembangkit Gelombang Ekstrim

Budi Azhari, 2018038003 (2023) Evolusi Perambatan Gelombang Melalui Analisis Semi Analitik Orde Tinggi Persamaan Kdv pada Pembangkit Gelombang Ekstrim. In: Evolusi Perambatan Gelombang Melalui Analisis Semi Analitik Orde Tinggi Persamaan Kdv pada Pembangkit Gelombang Ekstrim. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evolusi Perambatan Gelombang Melalui Analisis Semi Analitik Orde Tinggi Persamaan Kdv pada Pembangkit Gelombang Ekstrim] Text (Evolusi Perambatan Gelombang Melalui Analisis Semi Analitik Orde Tinggi Persamaan Kdv pada Pembangkit Gelombang Ekstrim)
LP_PTPN_2020-Budi Azhari.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Persamaan Korteweg de Vries (KdV) merupakan persamaan gelombang yang mendeskripsikan perambatan gelombang satu arah pada permukaan air dangkal dengan amplitudo gelombang kecil dan panjang gelombang yang besar. Dalam penelitian ini, ditampilkan solusi semi analitik dengan menggunakan parameter gangguan hingga orde ke-7. Selanjutnya, solusi tersebut dianalisa dengan dua buah parameter yaitu MTA (Maximal Temporal Amplitude) dan FAA (Faktor Aplikasi Amplitudo) dari gelombang input = 2 . Plotting solusi juga akan ditampilkan dalam bentuk grafik sinyal elevasi gelombang yang bergantung waktu (t) dengan nilai x yang tetap ( dan MTA. Solusi semi analiti persamaan KdV dalam penelitian ini dilakukan mulai dari orde satu hingga orde ke tujuh dengan mengkombinasikan 7 persamaan yang diperoleh dari persamaan KdV termodifikasi, input gelombang bikromatik , 2 persamaan ekspansi bilangan gelombang dengan menggunakan teori gangguan dan Deret Taylor serta ekspansi dengan teori gangguan yang menghasilkan solusi orde ketujuh, baik solusi Bound wave maupun solusi free wave. solusi orde ketujuh dalam konteks pengaruh orde yang lebih tinggi. Selain itu, pengaruh lain dalam penelitian ini didapati pada jarak pemuncakan yang lebih dekat daripada titik awal, hal ini dapat mengindikasikan bahwa orde yang lebih tinggi berpengaruh dari solusi dapat memberikan pengaruh pada pemuncakan maksimum pada gelombang.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:36
Last Modified: 07 Nov 2023 08:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31558

Actions (login required)

View Item
View Item