Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia

Arfah Ibrahim, 2010112003 (2023) Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia. In: Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia] Text (Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia)
LP_P3T_2020-Arfah Ibrahim.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan pengenbangan pendidikan karakter melalui pendidikan islam Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjalan dengan pesat, seiring dengan tuntutan dan kewajiban dalam penembangan kurikulum sekarang ini sesuia dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia no 8 tahun 2012 yang di dalamnya antara lain mengatur tentang: jenjang, penyetaraan, dan penerapan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia. Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terintegrasi terhadap mahasiswa. Kajiannya dilatarbelakangi oleh substansi mata pelajaran pendidikan agama Islam yang memiliki kontribusi dalam pembentukan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari- hari dan memahami tentang nilai-nilai keagamaan serta problematika yang dihadapi dalam proses pembelajarannya dalam pembentukan karakter peserta didik. Dari desain perencanaan pembelajaran yang masih berpusat pada mahasiswa, KBM yang terjadi tidak kontekstual dengan kehidupan mahasiswa dan evaluasi yang jarang dilakukan.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:40
Last Modified: 07 Nov 2023 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31834

Actions (login required)

View Item
View Item