Penyelesaian Eksak Persamaan Gelombang mKdV Menggunakan Metode Extended F- Expansion

Vina Apriliani, 2017049301 (2023) Penyelesaian Eksak Persamaan Gelombang mKdV Menggunakan Metode Extended F- Expansion. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penyelesaian Eksak Persamaan Gelombang  mKdV Menggunakan Metode Extended F- Expansion] Text (Penyelesaian Eksak Persamaan Gelombang mKdV Menggunakan Metode Extended F- Expansion)
LP_PPK_2019-Vina Apriliani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu fenomena dalam ilmu kelautan yang sering ditemui adalah fenomena gelombang air. Gelombang yang terjadi di bawah permukaan air laut disebut dengan gelombang internal. Salah satu model matematika yang dapat merepresentasikan gelombang internal soliter adalah persamaan Korteweg-de Vries (KdV). Kemudian, persamaan KdV ini dimodifikasi suku-suku gangguan (pertubatif) sehingga diperoleh persamaan gelombang modified Korteweg-de Vries (mKdV). Banyak metode yang dapat digunakan untuk mengonstruksi penyelesaian persamaan gelombang mKdV, salah satunya adalah metode Extended F-Expansion. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian eksak dari persamaan gelombang mKdV menggunakan metode Extended F-Expansion dan mengetahui grafik penyelesaian eksak persamaan gelombang mKdV yang diselesaikan menggunakan metode Extended F-Expansion tersebut. Hasil penyelesaian persamaan gelombang mKdV berupa penyelesaian eksak yang dinyatakan dalam fungsi Jacobi eliptik, fungsi trigonometri, dan fungsi hiperbolik. Beberapa grafik penyelesaian eksak persamaan gelombang mKdV tersebut diilustrasikan menggunakan software Maple.

Item Type: Book
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:14
Last Modified: 07 Nov 2023 09:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32070

Actions (login required)

View Item
View Item